Rabu, 02 Februari 2011

Rooney Kembali, United Lanjutkan Rekor Tak Terkalahkan

Kebangkitan Wayne Rooney ditandai dengan dua gol yang dicetaknya ke gawang Aston Villa dan satu assist.

Oleh Ivena Kasatyo



Striker Wayne Rooney telah kembali. Sempat mandul cukup lama, Rooney akhirnya menunjukkan dirinya tetap menjadi momok bagi pertahanan lawan.

Aksi gemilang Rooney mengantarkan Manchester United meraih kemenangan 3-1 atas Aston Villa dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Rabu (2/2) dinihari WIB.

Dirinya memborong dua gol dan memberikan assist yang melengkapi kemenangan the Red Devils. Mereka juga melanjutkan rekor tak terkalahkan.

Tambahan tiga poin ini makin mengukuhkan posisi United di puncak klasemen dengan poin 54. United mempertahankan jarak lima poin dengan peringkat dua Arsenal yang juga meraup kemenangan saat menjamu Everton.

Manajer Sir Alex Ferguson melakukan sepuluh perubahan pemain saat menghadapi Southampton di Piala FA. Hanya John O'Shea yang tersisa. Dirinya ditarik ke belakang untuk menggantikan Rafael Da Silva yang masih cedera.

Dengan menurunkan skuad terbaik, United tak kesulitan membobol gawang Villa. Pertandingan baru berjalan satu menit, Rooney sudah menaklukkan kiper Brad Friedel. Dia menyambut tendangan bebas yang dilakukan kiper Edwin van der Sar.

Selanjutnya, United menunjukkan dominasi. Bahkan tuan rumah seharusnya mendapat penalti saat Nani dijatuhkan oleh Richard Dunne di kotak penalti. Namun, wasit Chris Foy membiarkan insiden itu.

Meski mendapat tekanan, Villa masih sempat menciptakan peluang untuk membobol gawang Van der Sar. Peluang bagus diperoleh the Villans saat Ashley Young memberikan umpan kepada Darren Bent. Sayang, tendangannya masih melebar.

United tetap menguasai pertandingan sepenuhnya. Tercatat, Nani mendapat peluang yang mengancam gawang Friedel. Tak lama kemudian giliran Ryan Giggs yang menguji kekokohan kiper asal AS ini. Peluang Giggs yang menyambut umpan dari Patrice Evra ini juga masih bisa digagalkan.

Usaha keras United akhirnya membuahkan hasil menjelang akhir babak pertama. Umpan silang Nani disambut oleh Rooney yang gagal diselamatkan oleh Friedel.

Di babak kedua, United tetap menguasai pertandingan. Hanya saat melakukan tekanan, Villa justru berhasil membobol gawang Van der Sar di menit ke-59. Bent berhasil menyelesaikan umpan dari Stewart Downing.

Gol yang memperkecil ketinggalan Villa membuat pemain United makin agresif. Mereka melakukan tekanan. Giggs kembali mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan United saat bekerjasama dengan Rooney. Namun, pemain veteran ini gagal menuntaskannya.

Tuan rumah akhirnya memantapkan keunggulannya melalui Nemanja Vidic di menit ke-64. Gol itu berawal dari aksi Rooney yang membelakangi gawang Villa. Dalam posisi dikawal dua pemain Villa, Rooney melepaskan umpan kepada Vidic.

Kapten United ini tanpa ragu melepaskan tendangan keras ke sudut kiri atas gawang. Friedel gagal mengantisipasinya.

Dalam kedudukan 3-1, United terus membombardir pertahanan tim tamu. Rooney nyaris mencetak hat-trick. Namun, tendangannya masih bisa digagalkan Dunne. Demikian pula tendangan Nani bisa dimentahkan Friedel.

Bola rebound disambut striker Dimitar Berbatov yang melepaskan tendangan keras ke gawang. Suporter tuan rumah sudah telanjur mengangkat tangan untuk merayakan gol.

Hanya, tendangan striker asal Bulgaria ini melambung tipis di atas mistar. United akhirnya tetap puas dengan kemenangan 3-1 yang melanjutkan rekor tak pernah kalah. 

www.goal.com

0 komentar:

Posting Komentar