Kamis, 13 Januari 2011

Coppa Italia: Dua Gol Eto'o Bawa Inter Milan Ke Perempat-Final

Inter Milan melenggang ke perempat-final Coppa Italia usai mengalahkan Genoa 3-2 di depan publiknya sendiri.

Oleh MT Rizky


Samuel Eto'o menyumbangkan dua gol saat pertandingan berjalan di babak pertama. Lalu satu gol tambahan lainnya dicetak oleh McDonald Mariga selepas turun minum.

Sementara Genoa mendapatkan golnya lewat sebuah eksekusi penalti yang dilakukan secara sempurna oleh Houssine Kharja serta Giuseppe Sculli yang mencetak gol di penghujung babak kedua.

Kemenangan yang didapat dari ajang Coppa Italia ini kian melengkapi rekor sempurna pelatih baru Leonardo. Sebelumnya mantan pelatih AC Milan ini juga sudah mempersembahkan dua kemenangan buat Nerazzurri dari kompetisi Serie A Italia melawan Catania dan Napoli.

Dengan kemenangan ini, Inter hanya tinggal menunggu lawan dari pemenang pertandingan antara Napoli dan Bologna yang baru akan dilangsungkan 19 Januari mendatang.

Mengawali laga ini, Inter dan Genoa tampil cukup berimbang. Keduanya terlihat saling berupaya menekan sejak menit-menit awal. Genoa membuka serangannya lewat aksi Rafinha. Tapi usaha itu masih bisa dimentahkan oleh kiper Inter Luca Castellazzi.

Tapi segala daya upaya Genoa menekan Inter itu selalu saja kandas. Sebaliknya, Nerazzurri mampu bermain lebih efektif. Di menit ke-15, Eto'o berhasil membuat para pemain Genoa terperangah tak berdaya.

Sebuah umpan silang dari Sulley Muntari dikontrol secara sempurna oleh striker Kamerun ini di kotak penalti. Lalu setelah melepaskan diri dari dua pemain belakang Genoa, Eto'o berhasil menggetarkan gawang lawannya.

Genoa sebenarnya sempat memperoleh kesempatan untuk menyamakan skor di menit ke-33 lewat kerjasama apik antara Richmond Boakye dan Miguel Veloso. Tetapi sayang penyelesaian yang kurang sempurna membuat kesempatan itu terbuang percuma.

Jelang dua menit turun minum, Inter kembali lagi memperoleh gol tambahan. Lagi-lagi gol ini disumbangkan oleh Eto'o setelah menerima umpan dari Douglas Maicon.

Keunggulan dua gol ini memberi kepercayaan besar kepada para pemain Inter saat memasuki babak kedua. Genoa sebenarnya berusaha untuk tetap menyerang. Tetapi usaha itu selalu gagal dalam menembus tembok pertahanan tim tuan rumah yang kokoh.

Barulah di menit ke-54, titik terang ditemukan. Pelanggaran yang dilakukan Andrea Ranocchia kepada mantan rekannya Gergely Rudolf membuat wasit menunjuk titik putih penalti. Houssine Kharja tidak membuang kesempatan itu. Tendangan penaltinya berhasil memperdaya kiper Castellazzi.

Tetapi empat menit setelah itu, Inter berhasil lagi memperbesar keunggulannya. Sebuah sundulan dari Mariga yang memanfaatkan sepak pojok dari Maicon membuat Inter unggul menjadi 3-1. Gol ini disambut dengan begitu gembira oleh pendukung tuan rumah.

Tertinggal semakin jauh membuat Genoa semakin menggila dalam menyerang. Beberapa kali usaha untuk mencetak gol dilakukan, tetapi berulang kali pula skema penyerangan itu kandas di lini belakang Inter. Genoa akhirnya baru bisa memperkecil kekalahannya setelah memasuki injury time lewat gol yang dicetak oleh Sculli.

Susunan Pemain

Inter: Castellazzi; Maicon (Rivas 88), Ranocchia, Materazzi, Santon; Zanetti, Cambiasso, Mariga; Muntari (Biabiany 57); Pandev, Eto'o (Obi 70)

Genoa: Scarpi; Rudolf (Sculli 62), Dainelli, Moretti, Criscito; Kucka, Veloso, Kharja (Palacio 62); Rafinha; Jelenic (Mesto 46), Boakye


www.goal.com

0 komentar:

Posting Komentar