Rabu, 27 April 2011

Hajar Schalke 04, Manchester United Berpeluang Besar Ke Wembley

Gol Giggsy dan Wazza memastikan United membungkam Die Koenigsblauen.

 

Oleh Dede Sugita

 

Dominasi Manchester United di Veltins-Arena tak berakhir sia-sia. Menghadapi sang empunya stadion, Schalke 04, di leg pertama semi-final Liga Champions pada Rabu (27/4) dinihari WIB, The Red Devils membukukan kemenangan 2-0.

Sepasang gol yang dicetak melalui Ryan Giggs dan Wayne Rooney juga membuat United bisa dibilang telah menginjakkan satu kaki mereka di partai puncak yang bakal dihelat di Stadion Wembley, 28 Mei mendatang.

Sebaliknya, peluang Schalke untuk melanjutkan kiprah mereka di panggung terwahid Eropa sangat berat. Apalagi laga kedua semi-final pekan depan akan dilangsungkan di Old Trafford, markas United yang angker buat lawan-lawan yang berkunjung.

Kans perdana dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Spanyol, Carlos Velasco Carballo, ini didapat oleh kubu tuan rumah pada detik ke-29 melalui upaya gelandang Alexander Baunjohann yang masih bisa diselamatkan Edwin van der Sar.

Namun, setelah itu, alur serangan mutlak dikuasai United. Pada menit ketiga, tendangan menyilang Wayne Rooney, yang sedikit terdefleksi setelah mengenai Atsuto Uchida, gagal berbuah gol berkat penyelamatan gemilang Manuel Neuer.

Beberapa menit kemudian, kembali Neuer muncul sebagai penyelamat Schalke. Kali ini, penjaga gawang nomor satu timnas Jerman itu menggagalkan tembakan Park Ji-Sung.

Di menit ke-14, giliran peluang Javier Hernandez yang dimentahkan Neuer. Kiper yang memutuskan tak akan memperpanjang kontraknya bersama Die Knappen yang habis pada 2012 itu kembali beraksi di menit ke-28 dengan menangkal sundulan Ryan Giggs. Peluang The Welsh Wizard di pengujung babak pertama juga kandas oleh sergapan Neuer.

United melanjutkan kendali permainan di interval kedua. Babak II baru berumur dua menit, Setan Merah kembali mengkreasikan peluang. Namun, kecemerlangan Neuer di bawah mistar masih sulit ditembus. Kali ini ia menghalau sundulan Patrice Evra yang menyambut sebuah tendangan bebas.

Schalke, yang tak mau terus berada dalam tekanan, berusaha menyerang balik. Di menit ke-52, Jefferson Farfan melewati Evra sebelum mengirim crossing yang disambut Jose Manuel Jurado. Sayang, sepakan voli gelandang asal Spanyol itu masih menyamping gawang Van der Sar.

Papan skor akhirnya menunjukkan angka 1-0 untuk tim tamu pada menit ke-67. Umpan terobosan dari Rooney dituntaskan dengan baik oleh Giggs untuk menaklukkan Neuer.

Gol ini merupakan yang ke-26 bagi Giggsy selama kiprahnya di Liga Champions sekaligus menjadikannya pemain tertua (37 tahun 148 hari) yang sanggup mencetak gol di panggung terelite Eropa tersebut.

Dua menit berselang, Neuer dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya untuk kali kedua. Kali ini Rooney yang masuk scoresheet setelah memaksimalkan sodoran Chicharito.

Unggul dua gol, United terlihat lebih bermain aman. Schalke juga tak mampu membalas satu gol pun hingga wasit Carballo meniup peluit panjang. Kemenangan ini menjadi modal luar biasa berharga bagi United menatap leg II yang akan dimainkan Rabu depan.

Kans Schalke belum tertutup, tapi mereka butuh perjuangan ekstra keras untuk menggagalkan langkah United ke Wembley.

www.goal.com

0 komentar:

Posting Komentar