Kamis, 06 Januari 2011

Senyum Lebar 'Setan Merah'

Kamis, 06/01/2011 08:35 WIB

Rossi Finza Noor - detiksport

 Jakarta - Chelsea dan Tottenham Hotspur kalah, sementara Arsenal dan Manchester City berbagi satu angka. Melihat deretan hasil tersebut, wajar kalau Manchester United tersenyum lebar.

Mari kita mulai dari Chelsea. Sang juara bertahan tengah memperlihatkan grafik menurun belakangan dengan hanya meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir. Lini pertahanan The Blues pun rapuh karena sudah kebobolan delapan gol dalam lima laga itu.

Jumlah memasukkan gol juga kalah dari jumlah kebobolan. Tercatat Chelsea "hanya" menghasilkan tujuh gol dalam lima laga tersebut, kendati Frank Lampard sudah bisa tampil menyokong dari lini tengah. Tapi fakta bahwa Carlo Ancelotti kerap memasang Salomon Kalou atau Nicolas Anelka bergantian menemani Didier Drogba menunjukkan bahwa sang pelatih juga masih mencari formula terbaik di lini depan.

Ancelotti juga kerap memasukkan Daniel Sturridge untuk menambah daya dobrak, seperti ketika mereka ditaklukkan Wolverhampton 0-1 dinihari tadi. Tapi hasilnya nihil. Sejumlah peluang memang berhasil diciptakan, tapi tak satu pun berbuah gol.

Imbasnya, Chelsea kini masih belum bisa masuk zona Liga Champions. Mereka masih tersendat di posisi lima klasemen sementara, berada satu tingkat di bawah Spurs.

Di sisi lain, kekalahan 1-2 yang diderita Spurs dari Everton dinihari tadi terbilang mengejutkan--jika melihat performa Spurs dalam tiga laga terakhir. Skuad arahan Harry Redknapp itu meraih tiga kemenangan beruntun. Dan ingat, terakhir kali mereka kalah adalah pada November silam, kala dibekuk Bolton 2-4.

The Lilywhites terbilang beruntung lantaran Chelsea meraih hasil jeblok, yang oleh karenanya kini mereka masih bertahan di dalam zona empat besar.

Laga terakhir, yang mempertemukan Arsenal dan City berakhir tanpa gol. Tak ada yang diuntungkan dari keduanya, kecuali ini menguntungkan United.

Hasil tersebut membuat The Gunners gagal mempertahankan jarak dengan United dan membuat The Citizens kini jadi tertinggal. Padahal sebelum ini City punya poin sama dengan rival sekotanya itu.

Maka jadilah The Red Devils kini duduk sedikit agak nyaman di puncak klasemen. Wayne Rooney dkk. sukses memenangi dua laga awal mereka selepas masuk tahun 2011. Kini mereka unggul dua poin atas City, empat poin atas Arsenal, delapan poin atas Spurs dan sembilan poin atas Chelsea.

Catatan lain, United juga punya tabungan pertandingan lebih banyak dari para rivalnya.

Namun, ini baru bulan Januari. Masih ada banyak pertandingan untuk dilalui sebelum sang juara sebenarnya ditahbiskan. "Ada hasil-hasil yang penting malam ini... tapi perjalanan masih panjang. Titel tidak dimenangi pada Januari," ujar Rio Ferdinand di akun Twitter-nya.

Ferdinand benar, apalagi United masih punya PR berupa performa tandang yang sepanjang musim ini turun-naik. Tapi kalau mau tersenyum untuk sementara ini, mereka layak mendapatkannya.

( roz / a2s ) 


www.detiksport.com 

0 komentar:

Posting Komentar