Rabu, 26 Januari 2011

Dramatis, United Tekuk Blackpool

Manchester United memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi 23 pertandingan di Liga Primer.

Oleh Happy Susanto

 

Manchester United akhirnya membalikkan keadaan dan mencetak tiga gol di babak kedua sehingga mereka mampu mencuri tiga poin di kandang Blackpool berkat kemenangan dramatis 3-2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Rabu (26/1) dinihari WIB.

The Red Devils
mampu mengejar ketinggalan dua gol di babak pertama dengan mencetak tiga gol pada 20 menit terakhir jelang pertandingan akan berakhir.

Blackpool tampak tampil penuh percaya diri di hadapan pendukung sendiri di Bloomfield Road. Terbukti pada menit ke-15, mereka sanggup unggul lebih dulu melalui aksi bek Craig Cathcart yang memanfaatkan umpan tendangan sudut Charlie Adam dengan sundulan kepalanya yang tak kuasa dihalau kiper Edwin van Der Sar.

Tertinggal, tim tamu berusaha menaikkan tempo demi mencari gol untuk menyamakan kedudukan. Usaha Nani pada menit ke-37 gagal berbuah hasil karena penjagaan ketat yang dilakukan barisan belakang Blackpool.

Beberapa menit kemudian, giliran Blackpool  lewat aksi David Vaughan yang berusaha melakukan tendangan dari jarak 20 meter, namun masih bisa dihalau van der Sar keluar lapangan dan berbuah tendangan sudut untuk tim lawan.

Pada menit ke-44, tim tuan rumah kembali unggul setelah DJ Campbell sukses memanfaatkan umpan crossing matang yang lagi-lagi dilakukan oleh Charlie Adam. Di babak pertama ini, United tertinggal dua gol.

Di awal babak kedua, manajer United Sir Alex Ferguson melakukan perubahan taktik dengan menarik keluar Darron Gibson yang sulit menemukan permainan terbaiknya dengan memasukkan gelandang senior Ryan Giggs.

Pada menit ke-67, Fergie juga menarik keluar striker Wayne Rooney yang terlihat kesulitan menciptakan peluang untuk mencetak gol, dengan memasukkan Javier "Chicharito" Hernandez.

Masuknya kedua pemain tersebut, terutama Giggs, rupanya memberikan pengaruh besar terhadap "kebangkitan" Setan Merah di babak kedua ini.

Gol yang ditunggu-tunggu sang pemuncak klasemen sementara itu akhirnya datang pada menit ke-72, yakni dari kaki Dimitar Berbatov yang sukses memanfaatkan umpan sodoran Darren Fletcher dari sisi kiri pertahanan Blackpool, yang sebelumnya melakukan kerjasama apik dengan Giggs di sisi tengah.

United tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Lagi-lagi Giggs yang memberikan pengaruh besar dalam penampilan tim di babak kedua ini. Ia memberikan umpan jenius nan terukur dari sisi tengah sebelah kanan pertahanan Blackpool, dan bola pun menemui kaki Hernandez. Kedudukan berubah 2-2.

Fans tuan rumah mengira pertandingan akan berakhir imbang. Namun, dua menit jelang waktu normal pertandingan babak kedua akan berakhir, Berba kembali mencetak gol penentu kemenangan setelah memanfaatkan umpan manis Paul Scholes dari sisi tengah. Ini merupakan gol kelima Berba dalam dua pertandingan terakhir setelah pemain asal Bulgaria itu mencetak hat-trick pada akhir pekan lalu.

Kemenangan ini memantapkan posisi United di puncak klasemen dengan raihan 51 poin, unggul lima angka dari runner-up Arsenal. Dengan kemenangan ini pula rekor tak terkalahkan mereka di kompetisi Liga Primer musim ini tetap terjaga, hingga pekan ke-23.

www.goal.com

0 komentar:

Posting Komentar